Clock Today


Manfaat Sayur dan Buah Kuning

1/20/10
Buah warna kuning


BUAH dan sayuran dengan warna-warna yang menggoda tak hanya enak dijadikan camilan sehat. Namun, warna-warma buah pun memiliki kandungan penting untuk kesehatan. Apa saja?

Contohnya belimbing, nanas, dan pisang. Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan jantung koroner. Sedangkan jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke.


Sayur Kuning Kaya Manfaat

SAYURAN bulat yang ratarata berukuran besar ini merupakan tanaman merambat yang tidak hanya lezat dibuat kudapan, juga kaya manfaat.

Ya, labu kuning?atau banyak yang menyebutnya waluh? merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya juga mengandung antioksidan sebagai penangkal pelbagai jenis kanker.

Nutrisi yang dikandungnya menjadikan labu kuning berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Betakaroten yang dikandung labu kuning berperan mencegah serangan jantung. Sementara, kandungan vitamin B1, C, dan seratnya berperan sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke. Manfaat lain labu kuning adalah mengobati demam, migrain, diare, penyakit ginjal, serta membantu menyembuhkan radang.

Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga Anda tak perlu takut mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Sesuai namanya, labu kuning mempunyai warna kuning atau jingga akibat kandungan karotenoidnya yang sangat tinggi.

Itulah sebabnya air perasan labu kuning sering digunakan sebagai pewarna alami dalam pengolahan berbagai makanan tradisional. Buah atau sayur labu dapat digunakan untuk pelbagai jenis makanan dan cita rasanya enak.

Daunnya berfungsi sebagai sayur dan bijinya bermanfaat untuk dijadikan kuaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sementara bijinya menjadi obat cacing pita.

0 comments:

Post a Comment

Share/Bookmark My Zimbio
Blog Ratings Lifestyle Blogs - Blog Rankings blog directory Top Personal blogs Yuk.Ngeblog.web.id Personal blogs Personal Blogs