Clock Today


Pita Kuning

1/3/10

Sebuah pita kuning merupakan lambang dengan berbagai makna, kebanyakan berhubungan dengan orang-orang menunggu kembalinya orang yang dicintai atau pasukan militer yang sementara waktu tidak bisa pulang. Ato yang lain-lain....
Mari kita simak tulisan dibawah ini:

Inggris
selama Perang Tentara Inggris maupun Parlemen Inggris mengenakan pita kuning dan selempang kuning ke medan perang.

Di Australia, kelompok the Save Albert Park telah memanfaatkan pita kuning sebagai simbol protes. Kelompok tersebut merupakan koalisi yang memprotes reklamasi ruang publik di Albert Park, Melbourne untuk Grand Prix Australia tahunan. Ketika lomba pindah ke Melbourne pada tahun 1996, pita-pita kuning yang diikatkan di pohon-pohon di taman yang ditujukan dihapus. Meskipun kelompok tersebut gagal dalam melindungi pohon-pohon yang telah ditentukan, mereka dan para pendukung mereka masih mengikat pita di sekitar pohon-pohon setiap tahun pada saat perlombaan.

Pada tahun 2009, pita kuning digunakan sebagai daya tarik bagi mereka yang terkena dampak 2009 Victoria bushfires atau Sabtu Hitam di Victoria,

Denmark
Pita kuning di Denmark telah menjadi kurang lebih resmi (walaupun tidak secara langsung secara resmi didukung oleh militer Denmark) sebagai simbol untuk mendukung pasukan dalam misi.

Indonesia,
Pita kuning digunakan sebagai simbol untuk menunjukkan solidaritas dan simpati untuk para korban kerusuhan dan kekacauan di Indonesia 13-15 Mei 1998, yang kebanyakan cina Indonesia.

Jepang
Japan's Medal of Honor menggunakan pita kuning untuk mengakui profesional yang telah menjadi model peran publik.

Malaysia,
pita kuning ini digunakan sebagai simbol "Press Freedom".

Singapura,
pemerintah mengadakan kampanye tahunan dengan Yellow Ribbon untuk mempromosikan mantan dan narapidana memberi kesempatan kedua di masyarakat. Biasanya, orang yang menunjukkan dukungannya bagi mantan narapidana dengan menyematkan pita kuning di kemejanya selama kampanye tahunan yang diselenggarakan pada bulan September.

Di Filipina pada 1980-an,
Pita kuning itu menjadi simbol bagi para pemimpin oposisi dan Cory Ninoy Aquino dan tahun 1986 sebagai Revolusi Kekuatan Rakyat.

wah...macam-macam ya ternyata kegunaan pita kuning alias Yellow ribbon tersebut.
Lumayan..nambah pangetahuan ni.

0 comments:

Post a Comment

Share/Bookmark My Zimbio
Blog Ratings Lifestyle Blogs - Blog Rankings blog directory Top Personal blogs Yuk.Ngeblog.web.id Personal blogs Personal Blogs